Pencegahan Kaki Diabetik

Kadar gula yang tidak terkendali bisa mengancam kesehatan kaki dan efek buruknya bisa sampai terjadi amputasi. Ancaman tersebut diistilahkan dengan gangguan kaki diabetik.

Masalahnya lagi, kaki yang letaknya diujung paling bawah acapkali diabaikan. Padahal perhatian yang besar dan perawatan yang baik akan menyelamatkan kaki dari bahaya amputasi. Kaki bisa dijadikan patokan untuk deteksi dini serangan diabetes. Jari bengkok, penonjolan tulang, telapak kaki datar bisa menjadi tanda-tandanya.

Tanda berikutnya adalah kaki penuh mata ikan dan luka. Kelainan akibat diabetes pun ditandai dengan penebalan (kalus) pada kulit, rambut, permukaan telapak kaki dan kuku. Tanda lainnya yaitu pembengkakan deformitas. Mobilitas gerak sendi, warna serta jaringan nekrosis.

Anda juga patut curiga bila kulit Anda kering, bersisik, pecah, dan mudah mengelupas. Sama halnya dengan kuku kaki yang berwarna kusam, terlalu tebal, kuku tumbuh ke dalam, atau melebar. Yang juga tak kalah penting adalah sela jari kaki. Apabila sela jari kaki banyak luka, melepuh, penderita wajib mewaspadai diabetes.

Namun sayangnya, gejala diatas tidak disadari cenderung diabaikan oleh penderita diabetes. Terutama serangan dan gejala diabetes yakni luka pada kaki yang semakin memburuk.

Alasan sederhananya, manifestasi diabetes pada kaki yakni dengan menyerang saraf sehingga menyebabkan kaki tidak berasa dan kebal. Akibat kerusakan itu, pada saat kaki memgalami luka tidak menimbulkan rasa sakit sehingga tidak berobat. Setelah terkena infeksi yang ditandai dengan demam dan luka menjalar, mereka baru merasakan dan pergi ke dokter mencari pertolongan. Banyak pasien diabetes yang tidak sadar kakinya tertusuk paku, ada juga yang kakinya melepuh karena ia berjalan di aspal tanpa alas kaki tapi ia tidak merasa sakit.

Disamping itu, terjadinya gangguan aliran pembuluh darah juga merupakan penyebab terjadinya gangguan kaki diabetic. Aliran darah yang tidak cukup ke kaki akan menyebabkan luka dan infeksi sulit sembuh. Ini disebut penyakit pembuluh darah perifer (pembuluh darah tepi) yang umumnya menyerang kaki.

Kedua hal diatas ditambah lagi dengan rentannya diabetisi terhadap resiko infeksi karena daya tahan tubuh yang menurun, akan memperbesar resiko mengalami perlukaan yang sulit sembuh dan infeksi yang meluas sehingga dapat menyebabkan peningkatan resiko terjadinya amputasi serta kematian.

Kaki diabetik merupakan komplikasi kronik Diabetes yang paling ditakuti karena resiko terjadinya amputasi yang cukup tinggi serta mengancam jiwa. Komplikasi yang terjadi pada penyandang diabetes tidak terjadi secara langsung. Ada beberapa derajat yang menurutnya akan dilalui oleh pasien ketika melampaui kompliksi kaki. Semua berawal dari yang ringan dan jika tidak mendapat penangan dengan baik, baru akan terjadi komplikasi tingkat parah.

Apabila komplikasi terjadi hingga infeksi berat dan menyebar serta tidak terkendali, maka pasien DM harus dengan rela melakukan amputasi. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi ke seluruh bagian tubuh dan rusaknya jaringan tubuh yang lain. Jika hal tersebut terjadi dan amputasi tetap tidak dilakukan, maka akan sangat membahayakan jiwa pasien.

Jadi, mencegah memang selalu lebih baik daripada mengobati. Mulailah merawat kaki seperti merawat wajah. Deteksi dini perlu juga dilakukan. Dimulai dengan rutin memperhatikan kelainan-kelainan kaki kita. Bila menemukan hal yang ganjil entah itu bentuk kuku, kulit ataupun kaki, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

Deteksi dini kelainan kaki penyandang diabetes harus dilakukan, bahkan sebelum timbulnya luka, mengingat luka yang awalnya kecil jika tidak ditangani dengan segera akan menimbulkan infeksi dan cepat menyebar.

Agar tidak bertambah parah, penyandang diabetes juga dianjurkan untuk tidak berjalan tanpa alas kaki, memakai kaus kaki, atau sepatu yang sempit, menghindari menggunakan bahan kimia atau benda tajam untuk menipiskan penebalan yang terjadi pada telapak kaki, merokok, menggunakan cincin pada jari kaki serta menggunakan sepatu dengan tumit tinggi atau ujung sepatu runcing ke depan.

Selain itu juga sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kaki secara teratur setiap hari, mendeteksi jika terdapat luka atau sesuatu yang mencurigakan untuk dapat dilakukan pencegahan terhadap munculnya luka. Dengan melakukan usaha-usaha ini maka resiko terjadinya amputasi dapat diturunkan sampai 85%.

Jika terdapat infeksi pada kaki, luka menjadi lebih basah. Perubahan warna menjadi kemerahan, kebiruan, atau warna gelap atau retakan merah pada tungkai. Tanda lain infeksi ditandai adanya bengkak disaluran ulkus. Disamping kaki menjadi lebih hangat dibanding kaki lainnya. Semakin awal infeksi diobati semakin mudah untuk mengontrolnya.

Berikut yang harus dilakukan ketika mengalami infeksi :

– Mohon untuk tetap diranjang atau sofa dengan kaki di atas
– Jika diranjang tumit perlu dilindungi. Yakinkan kaki tidak tertekan ujung ranjang
– Jika diizinkan untuk duduk dikursi, letakkan kaki diatas kursi yang dilapisi bantal
– Hubungi dokter jika tungkai menjadi lebih nyeri atau jika merasa panas, gemetar atau tidak sehat

Cara Pemesanan Obat Diabetes

Obat Diabetes Tradisional, Herbal dan Alami Untuk, Membantu Pengobatan Penyakit Diabetes, Mengurangi Gejala Kencing Manis dan Membantu Menurunkan Gula Darah Tinggi

Harga Obat Diabetes

Obat Diabetes Herbal, Obat Diabetes Alami

Harga Obat Diabetes 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

Paket Hemat Obat Diabetes Tradisional dan Herbal

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

Cara Pemesanan Cepat Obat Diabetes:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan Diabsulin Obat Diabetes, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa


=====================================

>>> Obat Diabetes Untuk Membantu Mengurangi Gejala Kencing Manis, Membantu Mengobati Penyakit Diabetes, Membantu Menurunkan Gula Darah Tinggi, KLIK DETAIL DISINI!
=====================================


This entry was posted in Obat Tradisional Diabetes and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.